KKM Madrasah Ibtidaiyah Mazraatul Ulum 02 Paciran ditentukan melalui analisis tiga hal, yaitu tingkat kerumitan (kompleksitas), daya dukung sekolah (man, money, material), intake ( tingkat kemampuan rata-rata siswa )
Secara teknis prosedur penentuan KKM pada Satuan Pendidikan sebagai berikut.
Untuk memudahkan menentukan KKM, perlu dibuat skala penilaian yang disepakati oleh guru mata pelajaran. Berikut disajikan skala penilaian pilihan pertama.
Aspek yang dianalisis | Kriteria dan Skala Penilaian | ||
---|---|---|---|
Kompleksitas | Tinggi | Sedang | Rendah |
< 60 | 61 - 80 | 81 - 100 | |
Guru dan Daya Dukung | Tinggi | Sedang | Rendah |
81 - 100 | 61 - 80 | < 60 | |
Intake Peserta Didik | Tinggi | Sedang | Rendah |
81 - 100 | 61 - 80 | < 60 |
Dalam menetapkan nilai KKM mata pelajaran, pendidik/satuan pendidikan dapat juga memberikan bobot berbeda untuk masing-masing aspek, atau dengan menggunakan skor pada setiap kriteria yang ditetapkan sebagai pilihan kedua.
Aspek yang dianalisis | Kriteria dan Skala Penilaian | ||
---|---|---|---|
Kompleksitas | Tinggi | Sedang | Rendah |
1 | 2 | 3 | |
Guru dan Daya Dukung | Tinggi | Sedang | Rendah |
3 | 2 | 1 | |
Intake Peserta Didik | Tinggi | Sedang | Rendah |
3 | 2 | 1 |