minumutwo@gmail.com
Jl. Raya No.214 Paciran Lamongan 62264

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

Kriteria Penetapan KKM

KKM Madrasah Ibtidaiyah Mazraatul Ulum 02 Paciran ditentukan melalui analisis tiga hal, yaitu tingkat kerumitan (kompleksitas), daya dukung sekolah (man, money, material), intake ( tingkat kemampuan rata-rata siswa )

  1. Aspek kompleksitas materi/kompetensi yaitu memperhatikan kompleksitas KD dengan mencermati kata kerja yang terdapat pada KD tersebut dan berdasarkan data empiris dari pengalaman guru dalam membelajarkan KD tersebut pada waktu sebelumnya. Semakin tinggi aspek kompleksitas materi/kompetensi, semakin rendah nilai KKM-nya.
  2. Aspek daya dukung antara lain memperhatikan ketersediaan guru, kesesuaian latar belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang diampu, kompetensi guru (misalnya hasil uji kompetensi guru), rasio jumlah peserta didik dalam satu kelas, sarana prasarana pembelajaran, dukungan dana dan kebijakan madrasah.
  3. Aspek intake yaitu memperhatikan kualitas peserta didik yang dapat diidentifikasi antara lain berdasarkan hasil ujian pada jenjang pendidikan sebelumnya, hasil tes awal yang dilakukan oleh madrasah, atau nilai rapor sebelumnya. Semakin tinggi aspek intake, semakin tinggi pula nilai KKM-nya.

Secara teknis prosedur penentuan KKM pada Satuan Pendidikan sebagai berikut.

  1. Menetapkan KKM per-KD
  2. Menetapkan KKM mata pelajaran
  3. Menetapkan KKM tingkatan kelas pada satuan pendidikan

Untuk memudahkan menentukan KKM, perlu dibuat skala penilaian yang disepakati oleh guru mata pelajaran. Berikut disajikan skala penilaian pilihan pertama.

Tabel Kriteria dan skala Penilaian 1

Aspek yang dianalisis Kriteria dan Skala Penilaian
Kompleksitas Tinggi Sedang Rendah
< 60 61 - 80 81 - 100
Guru dan Daya Dukung Tinggi Sedang Rendah
81 - 100 61 - 80 < 60
Intake Peserta Didik Tinggi Sedang Rendah
81 - 100 61 - 80 < 60

Dalam menetapkan nilai KKM mata pelajaran, pendidik/satuan pendidikan dapat juga memberikan bobot berbeda untuk masing-masing aspek, atau dengan menggunakan skor pada setiap kriteria yang ditetapkan sebagai pilihan kedua.

Tabel Kriteria dan skala penilaian 2

Aspek yang dianalisis Kriteria dan Skala Penilaian
Kompleksitas Tinggi Sedang Rendah
1 2 3
Guru dan Daya Dukung Tinggi Sedang Rendah
3 2 1
Intake Peserta Didik Tinggi Sedang Rendah
3 2 1